Kredit Syariah Motor di Bogor

Kredit Syariah Motor di Bogor

Meski penjualan kendaraan motor mulai menanjak, namun bisnis pembiayaan roda dua multifinance masih susut. Alhasil, pembiayaan motor masih menunjukkan tren penurunan pada tengah tahun ini. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, pembiayaan motor multifinance turun 13,69% yoy menjadi Rp 81,29 triliun pada Juli 2021. Jika dirinci pembiayaan motor baru dan lama, masing-masing sebesar Rp 63,52 triliun dan 17,77 triliun.
Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno menjelaskan, bahwa penjualan kendaraan motor belum sepenuhnya pulih. Sebab kenaikan penjualan motor belum sekencang saat tahun 2019. Kedua, perusahaan pembiayaan juga lebih selektif menyalurkan kredit. Alhasil, tidak semua permohonan kredit motor dari debitur diterima, khususnya di masa pandemi Covid-19.
Ditambah lagi, pemain multifinance sudah menggunakan sistem layanan informasi keuangan (SLIK). Melalui sistem ini, perusahaan dapat mengetahui riwayat debitur untuk mengetahui lancar atau tidak ketika membayarkan kredit nanti. “Leasing sekarang lebih hati-hati kita mengecek dari SLIK. Maka dari itu banyak kredit yang ditolak karena reputasi debitur,” kata Suwandi, Minggu (12/9).
Secara umum, pembiayaan otomotif berkontribusi sekitar 70% dari total pembiayaan industri multifinance. Sejak tahun 2000, bisnis pembiayaan tumbuh pesat dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata (CAGR) 25 %-30%, khususnya di pembiayaan motor.
kredti syariah motor

Namun demikian, melihat nilai transaksi yang sedemikian besar, merupakan tantangan sekaligus peluang bagi pelaku pembiayaan syariah untuk menyasar masyarakat muslim yang ingin terhindar dari transaksi ribawi dan hanya ingin transaksi kredit syariah motor.
Di kota bogor sendiri, kredit motor syariah dapat dilayani di beberapa Lembaga keuangan syairah maupun koperasi syariah, serta beberapa Lembaga lain yang menganut sistem yang sama.
Dengan tagline tanpa riba, tanpa bunga, dan tanpa denda keterlambatan, maka menjadikan masyarakat Bogor lebih tenang dalam melakukan transaksi kredit syariah motor. Jika ada yang berminat, maka bisa berkunjung ke sini.

Artikel ini merupakan modifikasi dari Artikel yang telah tayang di Kontan.co.id dengan judul “Penyaluran kredit sepeda motor masih melempem”, Klik untuk baca: .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *